S e j a r a h K o p e r a s i . .

Gerakan koperasi pertama kali digagas oleh Robert Owen (1771-1858) , yang menerapkan pada usaha pemintalan kapas di New Lanark , Skotlandia . kemudian dikembangkan oleh William King (1786-1865) , dengan mendirikan toko koperasi di Brighton , Inggris . pada 1 Mei 1828 . king menerbitkan publikasi bulanan yang bernama The Cooperator , yang berisi berbagai gagasan dan saran-saran praktis tentang mengelola toko dengan menggunakan prinsip koperasi . koperasi akhirnya berkembang di Negara-negara lainnya .

Di Indonesia , koperasi diperkenalkan oleh R. Aria Wiriatmadja di Purwokerto , Jawa Tengah pada tahun 1896 . beliau mendirikan koperasi kredit dengan tujuan membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan reintenir . koperasi tersebut lalu berkembang pesat dan akhirnya ditiru oleh Boedi Oetomo dan SDI . Belanda yang khwatir koperasi akan dijadikan pusat perlawanan sempat mengeluarkan undang-undang yang mematikan usaha ini hingga 2 kali .

Pada tahun 1942 Jepang menduduki Indonesia , dan mendirikan “ Koperasi Kumiyai “. Awalnya koperasi ini berjalan mulus , namun kemudian fungsinya berubah drastis , dan menjadi alat Jepang untuk menguruk keuntungan dan menyengsarakan rakyat setelah Indonesia merdeka . pada tanggal 12 juli 1947 , diadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya . dan tanggal tersebut pun hingga saat ini kita kenal sebagai Hari Koperasi .

0 Response to "S e j a r a h K o p e r a s i . ."

Posting Komentar