Kemiskinan dalam sebuah SDA yang Melimpah ..

Sekarang ini, banyaknya tingkat pembangunan negeri yang kaya akan sumber daya alam (SDA) tidak bisa juga menjamin dapat meningkatkan harkat martabat dari negeri itu sendiri. Sebagian besar penduduk negara khususnya Indonesia, masih berada di bawah garis kemiskinan. Meskipun gedung-gedung menjulang tinggi di kota-kota besar , namun ternyata rumah-rumah gubuk berdiri di baliknya dengan renta. Bahkan di kawasan sumber daya alam (tambang dan hutan) negara itu, warga setempat mengalami kemiskinan dan penderitaan yang menyedihkan.

Dalam hal ini peran pemerintah seharusnya dalam meningkatkan pendidikan masyarakat tersebut. Pemerintah juga harus mampu meningkatkan kesejahteraan mereka bukan hanya mengeruk sumber daya alam dan menikmatinya sendiri. Namun yang terjadi justru sebaliknya, masyarakat seputar tambang menjadi terusir dan semakin terpuruk.

Kerusakan sumber daya alam akan menjadi pangkal tolak kerusakan sisi kehidupan lainnya. Maka pembangunan tidak hanya mengutamakan kepentingan ekonomi saja, tetapi seharusnya juga mengutamakan kepentingan lingkungan dan sosial. Namun yang terjadi tidaklah demikian. Para pemimpin dan pemegang kebijakan di negeri ini masih belum mampu berwawasan lingkungan

Karena itu sebagai salah satu cara dapat ditangani dengan mendirikan / membentuk Partai Hijau. Yaitu sebuah partai yang berwawasan lingkungan, sehingga para pengambil kebijakan diharapkan mampu menghasilkan kebijakan yang mengutamakan lingkungan dan mensejahterakan masyarakat setempat.

Sehingga menumbuhkan rasa kepedulian untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik dari masyarakat hulu (korban eksploitas) dan berupaya bangkit dari kemiskinan.

0 Response to "Kemiskinan dalam sebuah SDA yang Melimpah .."

Posting Komentar