Tugas Mandiri Individual (Kasus 2)

Review " Pilihan Terbaik adalah Sony Corporation .. "






Disusun oleh :
Nama : Virgil G Jonathans
NPM : 11208264
Kelas : 2EA03
Mata Kuliah
Manajemen Pemasaran
DOSEN
Muhammad Yunanto


UNIVERSITAS GUNADARMA



Judul Artikel :
Pilihan Terbaik adalah Sony Corporation ..

Penulis dan Sumber :
David Craven (2000) dan website Sony

Lingkup Materi :
Pokok pembahasan dalam artikel kali ini adalah bagaimana suatu produk electronik yang dijual tidak hanya berdasarkan fitur yg bagus , canggih , ataupun kerennya suatu produk saja. Tetapi selain itu , juga harus diperhatikan pelayanan dan iklan tanpa henti karena , hal tersebut merupakan hal penting yang dapat menetukan sukses tidaknya penjualan suatu produk dalam masyarakat (Konsumen) modern di zaman sekarang ini .

Latar Belakang :
Sony didirikan pada tahun 1946 kemudian diubah namanya menjadi Sony Corporation pada tahun 1985 . Sony Corporation berusaha menciptakan suatu gagasan dalam membuat produk-produk inovativ yang memiliki daya tarik komersial . Sony juga bisa bersaing melalui dua cara, yaitu:
·         memperkuat basis inovasi teknologi .
·         memasarkan produk secara agresif ke pasar-pasar luar negeri .
Sony merupakan salah satu perusahaan Jepang pertama yang membuka kantor di Amerika Serikat dan salah satu yang pertama me-list-kan sahamnya New York Stock tahun 1961 . Keunggulan teknologi Trinitron Sony pada tahun 1968 , membantu pasar televise berwarna untuk berkembang . Dua produk Sony lainnya merupakan contoh luar biasa kesuksesannya dan kegagalan perusahaan itu, yaitu Walkman dan video cassette recorder Betamax.

Topik Masalah :
Sony Walkman membuat sebuah kombinasi produk pemutar kaset kecil playback dan headphone ringan dan langsung sukses besar . Sony telah memproduksi suatu barang yang sangat mengagumkan , namun marketer-nya tidak antusias karena mereka merasa bahwa barang itu tidak akan laku . Tapi, produk Sony layak untuk di teruskan karena bisa membuat masyarakat yang membeli atau yang menikmati teknologi Sony akan puas jika , produk juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik dan lengkap tentunya .
Satu kegagalan Sony , ketika format Betamaxnya untuk video cassette recorder kalah dari format VHS . Kemudian , Sony juga telah berusaha meluncurkan sebuah unit home video namun usaha itu akhirnya gagal . Tapi , Sony mendapatkan penemuan kunci yang mengonversikan sinyal video ke sinyal FM , yang kemudian merekamnya pada sebuah pita . Hasilnya adalah pengembangan mesin Betamax.
Alasan lain Sony kalah karena masa rekam VHS yang lebih lama , namun alasan utamanya yaitu karena lisensi system VHS serta menyediakan komponen-komponen kunci pada para kompetitor dapat memperoleh basis pasar yang lebih luas .
Melalui pemanfaatan teknologi , Sony mampu memproduksi playstation , sebuah permainan televise CD-ROOM 32 bit . Sony memfokuskan pada penyediaan kualitas yang baik dengan harga rendah serta perangkat lunak yang tidak hanya dikembangkan secara internal oleh Sony, namun oleh para pengembang pihak ketiga dengan licensing fee yang murah.
Akhirnya , Sony membuat rencana untuk menyatukan semua bisninsya yang terkait dengan elektronika ke dalam “ Electcronics HQ ” yang baru yaitu pesawat televisi , system audio rumah tangga atau yang portable , mesin permainan , camcorder , video cassette recorder , telpon bergerak , computer , dan lusinan pernagkat internet yang belum ditemukan semuanya akan terhubung ke World Wide Web , serta mentransformasikan produk-produk kensumen yang berdiri sendiri seperti walkman dan camcorder menjadi piranti berbasis internet yang canggih .

Kesimpulan :
Sony merupakan sebuah perusahaan besar yang ada di dunia yang menciptakan barang dengan kegunaan dan keunggulan masing-masing . Seperti pesawat televise , system audio rumah tangga atau yang portable , mesin permainan , camcorder , video cassette recorder , telpon bergerak , dan computer .
Selain itu juga Sony merupakan sebuah perusahaan yang mampu menggunakan Web dan Broadband untuk secara langsung menjual kepada konsumen dan memperkenalkan layanan-layanan yang kompatibel dengan broadband seperti video-on-demand dan layanan-layanan langganan musik.

Kritik dan Saran :
Salah satu dari semua bisnis yang ada di Sony ini , kenapa hasilnya tidak memuaskan konsumen ?? Karena ada sebagian konsumen yang mengeluh dengan hasil yang didapat setelah membeli produk dari Sony .
Jadi sebaiknya , perusahaan Sony itu sendiri harus lebih memperhatikan kelemahan atau kekurangan dari setiap barangnya masing-masing . Misalnya lebih memperbanyak tipe atau fitur , atau apa saja yang bisa membuat para konsumen menjadi puas menikmati fasilitas Sony . Dan agar konsumen bisa lebih memilih Sony dbandingkan merk lain .

0 Response to "Tugas Mandiri Individual (Kasus 2)"

Posting Komentar