KASUS PRAKTEK BISNIS YANG TIDAK ETIS

   Studi tentang etika bisnis dan implikasinya terhadap pemangku kepentingan yang berbeda telah melihat pertumbuhan luar biasa dalam beberapa dekade terakhir. Ada juga telah terjadi peningkatan dalam penggunaan dan pengembangan kode etik dan pengumuman untuk praktek etika oleh banyak perusahaan, namun perusahaan masih dikritik karena praktik yang tidak etis mereka pada tingkat yang berbeda (Papers4you.com, 2006). Etika bisnis, menurut literatur telah berurat dengan rincian filosofis Etik (Trevino & Nelson, 1999). Etika telah didefinisikan sebagai kegiatan pemeriksaan standar moral masyarakat, dan bertanya bagaimana standar-standar yang berlaku untuk hidup dan apakah standar tersebut wajar ‘(Velasquez, 1998, hal 11). 

   Literatur tentang etika bisnis tersebut terbagi pada pandangannya tentang motivasi dan alasan bagi pengusaha untuk memiliki dimensi etika. Menggambar pada Harrison (2001), ada dua sekolah utama dari pikiran, pertama mereka yang menunjukkan bahwa perusahaan yang menghasilkan keuntungan lembaga dan oleh karena itu etika bisnis adalah cara lain untuk menarik pelanggan, kedua mereka yang mendukung kesadaran perusahaan dan motivasi intrinsik untuk adopsi etika bisnis. 

   Etika bisnis telah dianggap sangat subjektif di alam dan menurut Paul (2001) dianggap sebagai fungsi waktu dan budaya. Telah ditetapkan bahwa dengan berlalunya waktu etika bisnis telah berevolusi dan juga bahwa nilai-nilai budaya dan norma etika bisnis drive dalam batas-batas nasional dan regional. Salah satu studi utama mengenai nilai-nilai nasional telah dilakukan oleh Hofstede (1983). Menurut penelitian ini, yang hanya didasarkan pada empat indikator yaitu individualisme, jarak kekuasaan, penghindaran ketidakpastian dan maskulinitas, terdapat banyak perbedaan antara nilai-nilai di negara yang berbeda dan akibatnya etika bisnis. Globalisasi dikombinasikan dengan standardisasi telah membuat bisnis finansial efisien tetapi pada saat yang sama menimbulkan pertanyaan tentang standar kode etika bisnis melintasi batas-batas nasional. 

   Vinten (1991) membagi masalah bisnis yang etis pada tingkat yang berbeda yaitu bisnis internasional, bisnis domestik dan etika profesional. Pada tingkat internasional isu-isu etis termasuk bebas-batu dan sosialisme versus kapitalisme; di tingkat nasional ini termasuk dimensi agama, pemasaran sosial dan pendidikan etika, dan terakhir pada tingkat individu ini termasuk penyuapan, korupsi dan perlindungan data (Papers4you.com, 2006) . 

    Ada banyak alasan dan kritik atas kegagalan adopsi etika dalam dunia bisnis. Pertama, konsep ini dianggap terlalu teoritis dan juga meniadakan tujuan dasar dari setiap yaitu usaha untuk menciptakan kekayaan pemegang saham itu. Kedua, ia memiliki kekurangan arah dan kebulatan lintas budaya yang berbeda dan kelompok akademis. Terakhir, ia memiliki banyak dikotomi terselesaikan melekat bahwa menurut Sternberg (1994) membuatnya menjadi kasus relativisme ditolak.

Nama : Virgil G Jonathans
NPM : 11208264
Kelas : 4EA03

0 Response to "KASUS PRAKTEK BISNIS YANG TIDAK ETIS"

Posting Komentar