Kegiatan Manajemen SDM ditingkat Perusahaan Kecil & Menengah

Pada hari jum’at , tepatnya tanggal 25 september 2009 . saya mendapat tugas dari mama saya untuk pergi ke suatu kios Wirausaha PKB (persekutuan kaum bapak) Depok , tepat didekat rumah saya yang menjual bahan-bahan sembako, karena persediaan bahan-bahan sembako dirumah sudah habis . sedangkan toko langganan yang biasa mama saya berbelanja disitu masih tutup , dikarenakan masih mudik ke luar kota dan belum tahu sampai kapan baru tiba lagi di depok .

Tibanya di kios tersebut saya melihat kembali kertas catatan yang mama saya berikan . didalam kertas itu tertulis ; 1liter Minyak Goreng , 1kg Gula Pasir , 10 bungkus Indomie rebus dan goreng , 1kg Telor ayam dan 2 Galon Air isi ulang . kemudian saya pun segera memesan barang-barang tersebut , dan saat itu kondisi kios terlihat lumayan ramai sehingga saya pun harus menunggu . di sela-sela waktu menunggu saya melihat pemilik kios sedang duduk tepat disebelah saya sambil memperhatikan suasana cukup ramainya pembeli yang sedang berbelanja dan bergosip dengan pembeli lainnya . dan saya pun segera mengajaknya mengobrol menanyakan tentang kegiatan usahanya tersebut .

Menurut beliau usahanya ini sudah berlangsung sejak 1 tahun yang lalu dan berbentuk koperasi , namun untuk kiosnya itu sendiri beliau masing mengontrak tempat karena belum berani mengeluarkan modal yang cukup besar . karyawannya pun sendiri beliau memanfaatkan teman-temannya yang belum mendapatkan pekerjaan namun dengan sistem kontrak , yaitu 1 tahun/org dan jumlah karyawan yang bekerja hingga saat ini ialah 5 orang , 2 orang bertugas sebagai kasir dan yang melayani di kios sedangkan 3 orang lagi bertugas sebagai pengantar jasa pengiriman yang disediakan oleh kios ini . setiap jasa pengiriman khusus untuk barang yang cukup berat dikenakan biaya tambahan , yaitu Rp. 1000,00/karung beras dan Rp. 500,00/Air Galon . menurutnya dalam usahanya ini barang yang paling diminati oleh pembeli adalah beras dan air galon , sehingga dalam proses pengiriman air galon dari pusat (produsen) kadang mengalami keterlambatan . masalah yang sering dihadapi kios ini pun tidak hanya terhadap proses pengiriman saja tetapi masalah proses pembayaran , hampir sebagian dari pembeli menunda pembayarannya (hutang) dan untuk soal ini pemilik kios memberikan keringanan hingga jatuh tempo , tetapi untungnya sebelum waktunya tiba mereka semua sudah melunasi tanggung jawabnya masing-masing . jam kerja kios ini pun di mulai dari pukul 08.00-16.30 WIB , serta penghasilan yang didapatkan kios sembako ini ialah berkisar +Rp.600.000,00/hari dan keuntungan bersih yang biasa di raih oleh pemilik kios adalah +Rp.3.000.000,00/bln , sudah termasuk biaya pengeluaran lainnya seperti biaya listrik , kontrakan dan gaji karyawan sebesar Rp.200.000,00/bln .

Pemilik kios ini pun ternyata termasuk orang yang ramah terhadap orang disekitarnya , sehingga saya dapat mengobrol dengan beliau dengan nyaman dan seperti sudah lama saling mengenal . serta saya pun mendapatkan informasi / data yang bisa saya jadikan sebagai laporan dari kegiatan manajemen sumber daya manusia ditingkat perusahaan kecil dan menengah . namun karena asiknya mengobrol dengan sang pemilik kios sembako , akhirnya saya pun baru sadar bahwa para pembeli sudah mulai sepi dan tanpa berpikir panjang saya segera memeriksa bahan-bahan yang telah saya dapatkan , kemudian membayarnya dan bergegas segera pulang karena mama saya juga sudah cukup lama menunggu

0 Response to "Kegiatan Manajemen SDM ditingkat Perusahaan Kecil & Menengah"

Posting Komentar